Teks Lamaran Pekerjaan | Pengertian, Unsur Unsur, Ciri Bahasa

A. Pengertian Teks Surat Lamaran Pekerjaan

Teks Surat Lamaran Pekerjaan adalah surat yang dibuat oleh seorang pelamar untuk mendapatkan suatu pekerjaan. Seseorang menawarkan jasa yangakan diberikan kepada kantor/instansiyang dilamar. Jasa yang ditawarkan bisa berupa pendidikan, pengetahuan, pengalaman, kecakapan, ketrampilan.

Surat Lamaran dapat diajukan berdasarkan macam macam sumber, terdapat 5 macam sumber yaitu :

1. Berdasarkan informasi teman, kenalan, saudara
2. Berdasarkan iklan yang dimuat di harian pagi
3. Berdasarkan pengumuman dari pihak sekolah
4. Berdasarkan pengumuman kantor penempatan tenaga kerja
5. Berdasarkan inisiatif sendiri


B. Unsur Unsur Surat Lamaran Pekerjaan

1. Tempat dan Tanggal Pembuatan Surat
     Tanggal Surat ini ditulis untuk menunjukkan waktu pengiriman surat, bukan waktu pembuatan surat. Letak penulisan Tempat dan Tanggal Surat berada di pojok kanan atas pada surat.

Contoh Penulisan yang benar :
Surabaya, 7 mei 2018

2. Hal atau Perihal
    Perihal merupakan inti tujuan surat tersebut, perihal dalam sebuah lamaran pekerjaan merupakan pokok surat. bagian perihal berfungsi sebagai berikut.
 
     a. Petunjuk intisari surat secara keseluruhan.
     b. Referensi
     c. Petunjuk bagi petugas surat untuk pencatatan, pengarsipan, dan penyimpanan.

3. Lampiran
    Lampiran adalah lembaran serain surat utama yang disertakan. Misalnya daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah, pas foto, dan sebagainya

4. Alamat Surat
   Alamat surat dibedakan menjadi dua, yaitu alamat yang ditulis pada kertas surat dan yang ditulis pada sampul surat. Hal-hal yang perlu diperhatikan pada penulisan alamat surat.
     a. Penulisan nama diri penerima harus cermat dan lengkap
     b. Penulisan nama diri penerima harus diawali degan huruf kapital
     c. Penulisan alamat surat harus cermat dan lengkap
 contoh :

Yth. Direktur PT Sandy Jaya
Jalan Diponegoro 5
Surabaya

5. Salam Pembuka
   Salam pembuka digunakan sebagai kesatuan berbahsa tulis.
contoh :

Dengan hormat,

6. Paragraf Pembuka / Pembuka Surat
   Paragraf pembuka adalah bagian pembuka surat yang berfungsi sebagai pengantar pembaca kepada inti pokok surat.

7. Isi
   Isi surat memuat maksud atau tujuan pengiriman surat. Isi surat harus mencantumkan:
     a. Identitas pengirim / pelamar.
     b. Tujuan
     c. Kualifikasi Pelamar.
     d. Keahlian khusus Pelamar.
     e. Keterangan berkas lampiran.

8. Paragraf Penutup
   Paragraf Penutup berfungsi untuk menutup surat.

9. Salam Penutup
   Salam Penutup digunakan sebagai kesatuan tulis.
contoh :

Hormat saya,

10. Tanda Tangan Pengirim
   Pengirim harus mencantumkan nama lengkap dan tanda tangan.


C. Ciri Bahasa

1. Hindari kalimat yang panjang dan berbelit belit.
2. Gunakan kata kata dan istilah yang sudah lazim dipakai.
3. Tampatkan tanda baca dengan tepat.
4. Gunakan ejaan yang benar.
5. Gunakan singkatan yang umum dipakai.
6. Cermati penyusunan surat yang baik.

Contoh dari surat lamaran pekerjaan yang benar sesuai dengan kaidah kebahasaan, bisa anda lihat di sini

Sekian Artikel dari saya, Semoga membantu dan bermanfaat.
Sekian dan Terima Kasih

Comments

loading...