Soal Bahasa Indonesia Kls 12 Semester 1 | Surat Lamaran Pekerjaan (part 1)


1. Hal yang diperlukan dalam sebuah surat lamaran pekerjaan adalah ...

a. penggunaan kalimat permohonan pada yang dituju
b. penggunaan bahasa dengan uraian yang panjang, jelas, dan terperinci
c. peggunaan kata yang runtut, sistematis, dan mudah dimengerti
d. curriculum vitae yang perlu direkayasa demmi kelancaran
e. adanya kop surat dari lampiran
Jawaban : A

2. Hal-hal yang harus dihindari dalam penulisan surat lamaran pekerjaan sebagai berikut, kecuali ...
    
    a. terdapat gambar dan pernak pernik
    b. menggunakan bahasa baku
    c. bahasa yang digunakan bertele tele
    d. tulisan menggunakan tinta warna warni
    e. menggunakan kertas warna warni
Jawaban : B

3. Berikut fungsi perihal dalam surat lamaran pekerjaan, kecuali ...
    
     a. petunjuk bagi petugas surat pencatatan
     b. petunjuk intisari surat
     c. petunjuk bagi petugas pengarsipan
     d. referensi
     e. petunjuk pengiriman surat
Jawaban : E

4. Cermati kalimat berikut!

“Saya lulusan SMK program keahlian Busana tahun 2017  mengajukan lamaran agar diterima sebagai designer, Saya menguasai komputer MS. Word, Coreldraw, Photoshop, dan Pagemaker.”

Penggalan surat lamaran pekerjaan diatas berisikan, kecuali ...

a. tujuan penyampaian surat lamaran pekerjaan
b. pemberitahuan ketrampilan tambahan yang dikuasai
c. penyebutan jabatan yang diminati
d. alasan pengajuan surat lamaran pekerjaan
e. pemberitahuan mengenai program keahlian yang dimiliki
Jawaban : A

5. Bagian isi surat balasan lamaran pekerjaan yang berisi penolakan secara jelas dan benar adalah ...

a. menyesal sekali lamaran anda belum dapat kami terima
b. dengan penuh rasa penyesalan saya tidak dapat menerima surat lamaran anda
c. dengan penuh penyesalan lamaran anda tidak bisa kami terima
d. surat lamaran anda telah kami terima, namun dengan sangat menyesal kami belum    dapat menerima anda
e. kantor kami belum membutuhkan pelamar baru sehingga anda belum bisa dipertimbangkan
Jawaban : D

6. Cermati kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan berikut!

“Berdasarkan iklan di harian Kisah, 9 Oktober 2017, saya sangat ingin menjadi teknisi komputer pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.”

Perbaikan kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan tersebut adalah ...

     a. mengganti “sangat ingin” menjadi “menginginkan”
b. mengganti “sangat ingin” menjadi “dengan ini melamarnya”
c. mengganti “sangat ingin” menjadi “mengajukan lamaran pekerjaan”
d. mengganti “sangat ingin” menjadi “bermaksud ingin”
e. mengganti “sangat ingin” menjadi “dengan ini menginginkan”
Jawaban : C

7. “Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan... “

Pernyataan tersebut ditulis dalam surat lamaran pekerjaan pada bagian ...

a. identitas
b. pembuka
c. penutup
d. isi              
e. lampiran
Jawaban : D

8. Cermati iklan lowongan berikut!

“Perusahaan yang sedang berkembang membutuhkan kepala bagian iklan S1, inggris aktif, maksimal 27 tahun, mampu mengoperasikan komputer, berpengalaman dalam  bidang advertising, siap bekerja keras memajukan perusahaan. Sumber : Joglo Semar 9 Mei 2018”

Kalimat yang menyatakan isi surat lamaran pekerjaan dengan tepat sesuai ilustrasi diatas adalah

a. berdasarkan iklan lowongan pekerjaan diharian Joglo Semar, 9 Mei 2018 tentang bagian kepala iklan, saya bermaksud untuk melamar pekerjaan diperusahaan
b. sehubungan dengan iklan lowongan pekerjaan diharian Joglo Semar, 9 Mei 2018 lamaran pekerjaan sebagai kepala saya mengajukan bagian iklan di perusahaan bapak, mohon diterima
c.  sehubungan dengan iklan bapak di harian Joglo Semar, 9 Mei 2018 mengharapkan agar bapak menerima saya sebagai kepala iklan diperusahaan bapak
d. berdasarkan iklan lowongan pekerjaan diharian Joglo Semar, membutuhkan bagian iklan
e. saya yang bertanda tangan dibawah ini, Rika Farida, 26 tahun, D3 Akuntansi, siap dilatih mengoperasikan komputer dan dilatih bahasa inggris aktif
Jawaban : A

9. Bacalah iklan lowongan pekerjaan berikut!

“PT. GARUDA NUSANTARA
Membutuhkan segera tenaga pembukuan, dengan syarat :
1. Sarjana Akuntansi
2. Pengalaman kerja minimal 2 tahun
3. bertempat tinggal di Mataram
Lamaran ditujukan di PT GARUDA NUSANTARA Jalan Teratai 41, Mataram”

Kalimat pembuka surat lamaran yang paling tepat sesuai dengan iklan tersebut adalah ...

a. Bersama ini saya melamar pekerjaan sesuai dengan iklan di harian indonesia
b. dengan ini saya mengajukan lamaran kerja sesuai dengan iklan di harian indonesia
c. berdasarkan iklan yang bapak beritahukan, dengan ini saya bermaksud melamar pekerjaan tersebut
d. setelah membaca iklan di harian indonesia, 12 Oktober 2017, dengan ini saya ...
e. sesuai dengan iklan yang bapak tawarkan, dengan ini saya bermaksud melamar pekerjaan tersebut
Jawaban : D

10. Cermatilah kalimat pembuka surat berikut!
“Setelah saya mengetahui dari koran Kompas, tanggal 10 September 2017, mengenai kebutuhan tenaga Account Executive, dengan inni saya mengajukan lamaran pekerjaan untuk mengisi lowongan pekerjaan tersebut.”

Perbaikan yang tepat untuk kalimat pembuka surat lamaran tersebut adalah ...

a. membaca iklan diharian Kompas .. yang menyatakan bahwa ....
b. setelah melihat koran Kompas ... yang menyatakan bahwa ...
c. di harian Kompas telah dibaca bahwa ...
d. harian Kompas memuat iklan yang mengatakan bahwa ...
e. dengan ini saya mengajukan lamaran sesuai iklan yang terbaca ...

kunjungi juga soal uraian / part 2 klik disini

download full soalnya (ada beberapa pertanyaan yang tidak ada di web namun ada di pdf) disini



80 Comments

  1. Balasan
    1. Kakamu da ksh puas anak warcot

      Hapus
    2. Butuh bantuan donk KK abg, yg no 11-40, butuh cepat, makasih ya gan

      Hapus
  2. Yakin jawabannya sudah benar semua?

    BalasHapus
  3. Njir komen recent mantap-mantap

    BalasHapus
  4. Woi rusmita , Priyanto ,lambok ,teo ,Eben ,kammman ,enti , Friska ,umen ,Jisman ,juliver ,golden,timbul ,bangun,Susi ngapain nyontek ke sini :v

    BalasHapus
  5. Anjim nanggung banget no 10 gadikasih jawaban

    BalasHapus
  6. Kelanjutannya mana?? Nanggung men lah ngewei soal

    BalasHapus
  7. Nanggung anjir kan jadinya mikir:"

    BalasHapus
  8. Saya tau ini dari akbar maulana

    BalasHapus
  9. Maaf no 10 jwbnnya apa ya? 🤔

    BalasHapus
  10. Woyyyyy no 10 gua lagi PAS anjimmmmm

    BalasHapus
  11. Jembud Kabeh apa Ra seneng ayo gelud

    BalasHapus
  12. Ini yg komen pas lg ujian pasti nih huaa sama gua juga lg UAS hari ini wahhh soalnya hampir hampir samaaa huhu bantuiin kakak kakak...T_T

    BalasHapus

loading...