Pembelajaran Edmodo | Pengertian, Fitur, dan Manfaat

 Pembelajaran Simulasi Digital
  Dalam pembelajaran Simulasi Digital akan menggunakan pembelajaran kelas maya. Pembelajaran akan di lakukan di online. Dengan begitu siswa akan menerapkan komunikasi dalam jaringan (daring). Untuk saat ini kita akan mempelajari apa itu Pembelajaran Edmodo.

  Edmodo merupakan platform pembelajaran berbasis jejaring sosial yang diperuntukkan untuk guru, murid, sekaligus orang tua murid.
  Edmodo pertama kali dikembangkan pada akhir tahun 2008 oleh NIC Borg dan Jeff O'hara dan Edmodo sendiri bisa dibilang merupakan program E-Learning yang menerapkan sistem pembelajaran yang mudah, efisien, sekaligus lebih menyenangkan.
  Edmodo memiliki beberapa manfaat pembelajaran seperti berikut :

  1. Edmodo merupakan tempat komunikasi dan diskusi yang sangat efisien untuk para guru dan murid.
  2. Dengan Edmodo , Siswa satu dengan siswa lainnya dapat dengan mudah berinteraksi dan berdiskusi dengan pantauan langsung dari gurunya.
  3. Edmodo dapat mempermudah komunikasi antara guru, murid, sekaligus orang tua.
  4. Sebagai sarana yang tepat untuk ujian maupun quiz.
  5. Guru dapat memberikan bahan ajar seperti pertanyaan, foto, video pembelajaran kepada murid dengan mudah. Selain itu, murid juga dapat mengunduh bahan ajar itu.
  6. Orang tua murid dapat juga memantau kegiatan belajar anaknya dengan mudah.
  7. Mempermudah guru dalam memberikan soal dari mana saja dan kapan saja.
    Fitur Fitur yang ada di Edmodo :

  1. Polling : Merupakan fitur yang hanya dapat digunakan oleh guru. Fitur ini berfungsi untuk mengetahui tanggapan siswa mengenai hal tertentu.
  2. Grade Book : Fitur ini seperti catatan nilai siswa. Dengan fitur ini , guru dapat memberi nilai kepada siswa secara manual/otomatis.
  3. Quiz : Fitur ini hanya dapat dibuat oleh guru sedangkan siswa tidak mempunyai akses untuk membuat quiz. Siswa hanya dapat mengerjakan soal quiz yabg diberikan oleh guru.
  4. File dan Links : Fitur ini berfungsi untuk mengirimkan file dengan format .doc, .ppt, .xls, .pdf, dan lain lain.
  5. Library : Dengan fitur ini guru dapat mengunggah file dan fitur ini merupakan wadah untuk merupakan wadah untuk menampung file yang dimiliki guru dan siswa.
  6. Assignment : Fitur yang digunakan guru untuk memberi tugas dan siswa juga dapat mengirim tugas pada guru, Dan juga tombol "turn in" untuk menandai bahwa siswa telah menyelesaikan tugas mereka.
  7. Award Badge : untuk  memberikan suatu penghargaan kepada siswa/grup.
  8. Parent Code : Dengan fitur ini, orang tua murid dapat memantau aktifitas belajar yang dilakukan anak anaknya.


Sekian dari artikel saya. Jangan lupa like and share.

4 Comments

loading...