5 alat input dalam bidang olahraga

Alat Input merupakan salah satu komponen penting dalam komputer. Alat Input berfungsi untuk memberikan perintah langsung atau data ke peralatan proses pada komputer untuk diproses kemudian dikeluarkan berupa informasi kepada pengguna. Jika anda dalam dunia komputer menemui alat input seperti Keyboard , Mouse , Atau alat input lainnya itu merupakan hal yang biasa.
  Disini saya akan menjelaskan alat input yang di gunakan dalam bidang olahraga.
Alat input yang pada awalnya digunakan di komputer saja telah di kembangkan untuk memberi perintah dalam bidang bidang lainnya seperti olahraga.
Berikut penjelasannya :

1. Elektro Timer

  Elektro Timer merupakan salah satu alat input yang dikembangkan di bidang olahraga.
Alat ukur ini dapat menghitung kecepatan atletik renang. Alat ini biasa digunakan untuk latihan renang sebelum atlet mengikuti suatu perlombaan. Cara penggunaan alat ini cukup mudah , perenang hanya akan renang dengan secepat mungkin dan seorang pelatih hanya akan berdiri di dekat garis finish dan memegang Elektro Timer. Setelah atlet melewati alat ukur tersebut maka dengan otomatis Elektro Timer menghitung kecepatan atlet.

Contoh gambar





2. Speedo Attack

  Speedo Attack  merupakan salah satu alat yang digunakan dalam bidang olahraga Speedo Attack merupakan alat pertama kali yang ditemukan di Indonesia. Alat tersebut berupa semacam sarung tinju yang dipasangi sensor elektronik. Terdapat kawat penghantar sinyal di permukaan sarung, Sensor tersebut akan dihubungkan ke komputer melalui sinyal tanpa kabel untuk mengetahui hasil pengukuran. 
Contoh gambar : 




3. Speed Gun

  Speed Gun atau disebut juga pistol radar adalah alat pengukur kecepatan kendaraan bermotor. Alat ini merupakan alat input yang dapat digunakan dalam bidang olahraga  dan hukum. Dalam bidang olahraga alat ini digunakan oleh atlet balap sebagai pengukur kecepatan mereka, Sedangkan dalam bidang hukum alat ini digunakan sebagai pengukur alat kendaraan yang melaju dengan kecepatan tinggi dan melanggar lalu lintas.
Contoh gambar :













4. Micoach

  Micoach merupakan suatu alat input yang berfungsi untuk mendeteksi seberapa kuat fisik dan kecepatan dari seseorang. Alat ini digunakan atlet untuk melatih fisik dan kecepatan mereka. Micoach biasa diletakkan pada alas sepatu. 
Contoh gambar :





5. Goal Line Technology

  Goal Liine Technology merupakan teknologi input yang berfungsi untuk merekam pada garis gawang dengan bantuan sinar sensor. Goal Line Technology atau teknologi garis gawang (dalam bahasa indonesia) tidak mengganti kan fungsi wasit ataupun garis hakim, namun berfungsi sebagai alat yang membantu wasit atau garis hakim dalam bertindak keadilan. Dengan bantuan alat ini kita akan mengetahui terjadinya goal atau tidak.
Contoh gambar :

Titik pada tiang gawang merupakan sensor dari teknologi garis gawang


Comments

loading...