Jenis manusia purba yang pernah hidup di zaman Pra-Aksara

Jenis Manusia purba yang pernah hidup di Zaman purba kala


Berdasarkan beberapa penelitian yang dilakukan oleh para ahli, dapat digolongkan beberapa jenis manusia purba yang pernah hidup di zaman Pra Aksara. Pada zaman Pra Aksara dikenal sebagai zaman yang belum mengenal tulisan seperti yang sudah saya katakan pada post sebelumnya Peradaban manusia pada zaman Pra-Aksara

  1. Jenis Meganthropus
  2. Jenis Manusia purba ini berdasarkan penelitian Von Koeningswald di Sangiran pada tahun 1936 dan 1941 yang menemukan fosil rahang manusia yang berukuran besar. Dari hasil diskusi kemudian para ahli menamakan jenis manusia ini dengan sebutan Meganthropus paleojavanicus, artinya manusia raksasa dari Jawa. Jenis manusia purba ini memiliki ciri rahang yang kuat dan badannya yang tegap. Diperkirakan makanan jenis manusia ini adalah Tumbuh tumbuhan. Masa hidupnya pada zaman Pleistosen Awal. Pleistosen awal yaitu juga dikenal sebagai Pleistosen Bawah (Lapisan dan Fauna Jetis). Pleistosen Bawah ialah subdivisi awal atau terendah dari periode Kwarter. Di lapisan inilah Meganthropus Palaeojavanicus dan Robustus ditemukan.

  3. Jenis Pithecanthropus
  4. Jenis Manusia ini didasarkan pada penelitian Eugene Dubois tahun 1890 di dekat Trinil, Sebuah desa di pinggiran Bengawan Solo seperti yang sudah saya tuliskan pada post sebelumnya Penemuan penting Fosil manusia di Indonesia. etelah di diskusikan terbentuk kerangka manusia, tetapi masih terlihat tanda-tanda kera. Oleh karena itu fosil ini disebut Pithecanthropus yang artinya manusia kera yang berjalan tegak. Jenis ini juga ditemukan di Mojokerto oleh karena itu disebut Pithecanthropus Mojokertensis. Jenis manusia purba ini diperkirakan hidup pada zaman pleistosen tengah. Pleistosen tengah merupakan zaman setelah pleistosen awal.

  5. Jenis Homo
  6. Jenis Homo ini pertama kali diteliti oleh Von Reitschoten di Wajak. Penelitian ini dilanjutkan oleh Eugene Dubois bersama kawan kawan. Ciri-ciri jenis manusia Homo ini yaitu : Muka lebar, Hidung dan mulut menonjol , Dahi juga menonjol tapi tidak semenonjol pithecanthropus. Bentuk nya tidak jauh dari manusia sekarang, Hidup dan perkembanganjenis manusia ini sekitar 40000-25000 tahun yang lalu. Tempat penyebarannya tidak hanya di Indonesia tetapi juga di filipina dan laut Cina Selatan.

    Jenis Homo merupakan jenis Homo Sapiens , Homo Sapiens memiliki arti yaitu 'Manusia Sempurna' baik dari segi fisik, otak, Dan postur badannya yang secara umum tidak jauh berbeda dari manusia modern. Sering kali Jenis Homo Sapiens diartikan sebagai 'Manusia Bijak' karena memiliki pemikiran yang lebih maju dari pada Jenis manusia purba yang lain. Ciri-ciri Homo Sapiens yaitu :
    1. Tinggi tubuh 130-210 cm.
    2. Berat badan 30 – 159 kg dan Volume otak 1350 – 1450 cc.
    3. Otak lebih berkembang dari pada Meganthropus dan pithecanthropus.
    4. Otot kunyah, Gigi, dan Rahang sudah menyusut.
    5. Tonjolang kening sudah berkurang dan sudah berdagu.
    6. Mempunyai Ciri-ciri Ras Mongoloid dan Austramelanosoid.

Baca juga : Proto Melayu, Deutro Melayu, Melanesoid, Negrito | Pengertian, Ciri-ciri, dan peningggalan

Tolong berkomentar jika memiliki keluhan dan masukkan untuk blog ini , Berkomentarlah dengan baik dan bijak.

Sekian Dari Saya . Wassalamualaikum Wr.Wb

Comments

loading...