Topologi Jaringan Serta kelebihan dan kekurangannya

  Topologi Jaringan Komputer  Pengertian Dan Jenisnya
 Pengertian topologi jaringan komputer merupakan suatu cara atau konsep yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa atau banyak komputer sekaligus menjadi suatu jaringan yang terkoneksi. Dari setiap macam macam topologi jaringan komputer akan berbeda dari segi kecepatan pengiriman data, biaya pembuatan, serta kemudahan dalam proses maintenance nya.

 Macam Macam Topologi Jaringan komputer

     1. Topologi Ring 

 Pada topologi ring setiap komputer dihubungkan ke komputer lain dan seterusnya hingga kembali lagi pada komputer pertama. Topologi ini berbentuk bulat seperti cincin oleh karena itu disebut Topologi Ring.  Cara kerja Topologi ring , Bila komputer 1 ingin mengirimkan data ke komputer 5 maka data akan melewati komputer 2, 3, 4. Maka data akan terkirim terus hingga sampai ke IP tujuan.

Kelebihan Topologi Ring : Kemudahan dalam proses pemasangan dan instalasi , Penggunaan kabel                LAN yang sedikit berfungsi untuk menghemat  biaya.

Kekurangan Topologi Rinr : Jika satu kabel LAN atau satu komputer mangalami kerusakan maka                  akan memengaruhi komputer lain dalam mengirim data.




   2. Topologi Bus 

Pada topologi bus menggunakan satu kabel coaxial dan setiap komputer terhubung ke kabel mengguakan connector BNC dan kedua ujung kabel coaxial diakhiri dengan terminator.

Kelebihan Topologi Bus : Penggunaan kabel yang sedikit / menghemat biaya ,
Kekurangan Topologi Bus : Jika ada gangguan pada komputer akan sulit mendeteksi manakah                       komputer yang bermasalah atau tidak.



  3. Topologi Star

Topologi ini berbentuk seperti bintang karena semua komputer akan terhubung dengan satu switch / hub dengan kabel UTP.  Sehingga Hub / Switch lah yang akan menjadi pusat pada topologi ini. Jika komputer 1 ingin mengirimkan data pada komputer 4 maka data akan terkirim ke Hub / Switch terlebih dahulu dan dikirimkan ke komputer 4.

Kelebihan Topologi Star : Mudah mendeteksi mana komputer yang mengalami gangguan , Mudah                     menambah atau mengurangi komputer pada sambungan Hub / Switch tanpa mengganggu                     komputer lain.
Kekurangan Topologi Star : Memerlukan Biaya tinggi karena memerlukan setiap kabel UTP untuk                    menghunbungkan ke Hub / Switch , memerlukan Hub / Switch yang banyak karena jarak                    hubunngannya relatif pendek. 

  4. Topologi Mesh

Pada Topologi ini komputer akan terhubung ke komputer lain dengan kabel tunggal. Sehingga dala proses pengiriman data akan langsung sampai ke komputer tujuan tanpa melalui komputer lain maupun Hub / Switch.

Kelebihan Topologi Mesh : Proses pengiriman data akan berlangsung cepat dan jika ada komputer                    yang mengalami kerusakan tidak akan mengganggu komputer lain. 
Kekurangan Topologi Mesh : Penggunaan kabel yang banyak akan memengaruhi biaya juga , karena                  selain membutuhkan banyak kabel UTP dengan Topologi ini memerlukan I/O Ports yang                    banyak pula dan akan menambah biaya.


  5. Topologi Tree

 Topologi ini merupakan gabungan dari topologi star dan topologi bus . jadi stiap topologi star akan terhubung ke topologi star lainnya menggunakan topologi bus.

Kelebihan Topologi Tree : Mudah menemukan suatu kesalahan dan mudah untuk mengganti jaringan                jika diperlukan.
Kekurangan Topologi Tree : Menggunakan banyak kabel, sering terjadi , sering terjadi tabrakan dan                 lambat ,








Comments

loading...